Minggu, 12 April 2009

APA YANG MEMBUAT SULIT DALAM MEMBUAT BLOG?

Apa yang membuat sulit dalam membuat blog?
banyak diantara blogger yang menganggap membuat itu mudah, memang benar secara teknis membuat blog itu mudah hanya 3 langkah dan bahkan dalam 30 menit blog pun bisa mencapai puluhan bahkan ratusan posting. yang menjadi pertanyaan sampai kapan anda akan seperti itu meniru dan meniru, akankah anda hanya akan menjadi pengikut?.

padahal menurut saya membuat blog itu sama sekali tidak mudah. kenapa saya bilang begitu? inti dari membuat blog adalah mencurahkan inspirasi / ide kratif yang ada di pikiran ke dalam media yang disebut web/blog. saya yakin suatu saat kalau anda hanya belajar untuk copy paste anda akan bertemu dengan kejenuhan dan akan menganggap blog anda tidak berharga.


Lalu kalau tidak copy paste apa yang harus di postingkan??
jawabannya adalah ada pada diri anda sendiri. karena nge-blog adalah kegiatan mencurahkan kemampuan / inspirasi yang ada dalam diri pribadi ke dalam media web/blog. itulah kenapa saya sebut membuat blog itu sulit, kesulitan dalam membuat blog adalah PEMILIHAN TEMA untuk blog.

Dari sekian banyak blog yang saya kunjungi dan anda pun pasti sering berkunjung ke blog teman-teman. coba anda perhatikan apa isi blog mereka. kebanyakan dari blog mereka isi postingnya 99% banyak yang sama. ya... kalau berkunjung ke blog yang isinya sama lantas apa yang harus kita perbuat saat berkunjung ke blog itu? pengunjung pun akan merasa malas, makanya kebanyakan yang berkunjung hanya isi cbox atau shoutmix saja untuk berkirim pesan kunjungan mereka. itupun cuma sekitar 30-60 detik setelah itu blog ditutup lagi.

Lalu apa yang harus dilakukan agar blog menjadi bagus, banyak pengunjung, ranking tinggi baik alexa atau pagerank. berikut ada sedikit tips bagaimana agar blog kita unik dan menarik, banyak pengunjung.
1. buat blog dengan kriteria seperti yang saya postingkan di sini
2. buat tema yang menarik kalau bisa yang satu tema saja, jangan campuran alias gado-gado.
3. Sesuaikan tema dengan keahlian anda. ini diperlukan jika ada yang bertanya tentang apa yang dipostingkan oleh anda. kalau anda tidak bisa menjawab kepercayaan pengnjung terhadap blog kita akan hilang.
4. Jika Tema sudah ada yang punya dan sudah banyak di blog orang lain, tapi kemampuan anda untuk posting hanya bisa itu, tidak masalah sama juga, TAPI cari keunikan / tambahan fitur dari blog anda, misalkan blog anda tentang masakan, dan anda pun tahu blog tentang masakan di jagat maya ini banyak sekali, maka dari itu tambahan fitur yang menarik dari blog anda misalkan ditambahkan dengan arisan bagi para pengunjung, atau ditambahkan dengan bonus, atau lain sebagainya.

itulah salah satu kesulitan dalam membuat blog, yaitu cara pemilihan tema untuk blog kita. ada tambahan?

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju bos, membuat blog memang mudah tapi mempertahankan originalitasnya yang susah
All Worth Things

Rere mengatakan...

kesulitan waktunya boss.

Anonim mengatakan...

kita lihat dari sudut pandang mana kita berbicara.
kalo dari sudut orang awam membuat blog merupakan hobby baru yang melelahkan. tapi kalo untuk para profesional membuat blog merupakan hobby yang mengasyikan dan menguntungkan.
jadi tergantung kita selama kita ingin belajar menjadi orang bodoh(maksudnya terus berusaha tanpa banyak memikirkannya.

Default mengatakan...

membuat blog gampang (bikin accountnya)
mempertahankan blog, banyak kendalanya (susah), hanya yang mempunyai niat yang kuat aja sob yang bisa tetep survive.

gis mengatakan...

yang bilang gampang, berati dah hebat banget. klo bisa ajarin yang newbie-newbie kaya gwe ini hehehhe..sering dibuka tapi bingung mo isi apa, masa curhat terus ;););)

yang jelas ngeBlog SUSAH.....,

Posting Komentar

Please comment no Spam