Jumat, 10 April 2009

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BLOG YANG BAIK?

Banyak para blogger pemula yang hanya membuat blog untuk main-main, tukar menukar link, dan promosi program bisnis yang diikutinya di internet, dan bukan benar-benar blogger murni. karena blogger murni adalah blogger yang memindahkan pengetahuan/inspirasinya dalam pikirannya ke dalam posting. bukan seperti blog ini dan blog-blog yang lainnya yang hanya copy paste dari blog orang lain. lalu bagaimana cara agar blog itu berkualitas?
sebelum membahas bagaimana cara membuat blog yang baik berikut ini alasan mengapa orang malas melihat posting atau tulisan di blog kita. coba anda perhatikan oleh diri anda sendiri, saat anda berkunjung ke blog orang lain mungkin anda hanya melihat blog sekitar 30-60 detik, dan itupun hanya mengetikan pesan di shoutmix atau cbox. kemudian blog itu di close lagi. ada beberapa alasan anda akan malas untuk berlama-lama di blog yang anda kunjungi.
1. Template terlalu ramai, posisi widget tidak sesuai, kombinasi warna template dengan teks tidak serasi.
2. Terlalu banyak iklan banner dan gambar.
3. Isi posting sama dengan blog orang lain (copy-paste).
4. Terlalu banyak iklan
5. Blog Lambat.

Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas sebagai berikut:
1. Buat posting yang unik, yang mempunyai nilai pemikiran yang tinggi, andaikan copy-paste tambahkan dengan pemikiran anda.
2. Pasang template yang sederhana namun berkesan elegan bukan mainan. karena template yang sederhana tapi memiliki tulisan yang baik maka blog itu akan sukses. perlu anda perhatikan juga template yang baik adalah template yang nyaman untuk di lihat, bukan template yang bagus menurut anda tapi belum tentu bagus menurut orang lain, jadi pilih template yang menurut anda baik dan juga menurut orang lain baik. bila perlu tanyakan kepada pengunjung tentang betuk template di blog kita baik atau jelek?.
3. Atur posisi widget dengan baik, jangan pasang widget yang tidak penting. yang hanya akan membebani blog anda.
4. Jangan terlalu banyak gambar yang tidak penting. andaikan anda mau pasang gambar ukuran gambar jangan terlalu besar, sekitar 3x4 cm, 4x6 cm, atau sesuaikan dengan tulisan. (catatan: google lebih suka blog yang banyak teksnya dari pada blog yang banyak gambar. jadi perbanyak teks dan link untuk menaikan Page rank google)
5. Jangan terlalu banyak banner, jika mau bertukan link gunakan link dengan bentuk teks bukan banner. kalau mau pasang banner promosi anda, posisikan dengan benar jangan sampai berantakan, kira-kira bisa dilihat dengan nyaman.
6. Untuk pemasangan iklan gunakan hanya beberapa iklan saja, usahakan yang berupa teks.
8. Jangan teralu banyak pemasangan java script, karena java akan memperlambat blog anda.
9. Gunakan bahasa yang baku, jika menggunakan bahasa Indoensia gunakan bahasa yang baku, intinya gunakan sesuai aturan penulisan. ini berfungsi jika ada pengunjung dari luar negeri yang membaca blog kita maka mereka tinggal men-translate-nya saja ke dalam bahasa mereka. apabila tulisan kita tidak benar maka merekapun akan malas untuk membacanya.

mungkin itu beberapa tips dan trik yang saya bisa sampaikan. mungkin ada tambahan lain dari anda?

3 komentar:

Kiranayatra mengatakan...

Nah lo, blognya ramai ma iklan dan banner kira2 menurut lo.. lo blogger murni atau?

Anakciremai mengatakan...

gue bukan blogger murni cuy.... yang aku cari cma money... ha.... ha....

arman adiansyah mengatakan...

mantaff...
yang penting money....

Posting Komentar

Please comment no Spam